Sabtu, 18 Februari 2012

RUMAH TANGGA SEHAT DENGAN PRILAKU HIDUP SEHAT


PHBS Adalah semua prilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berparan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan masyarakat.
PHBS Rumah Tangga Adalah Upaya untuk memberdayakan anggonta keluarga agar tahu,mau,dan mampu melaksanakan prilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam kesehatan di masyarakat.
Adapun poin-poin PHBS Rumah Tangga adalah :
A.    Persalinan di tolong oleh tenaga kesehatan: adalah persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan (bidan,dokter,dan tenaga medis lainnya)
B.     Memberi bayi asi eksklusif : adalah bayi usia 0-6 bulan hanya di beri asi saja tanpa memberikan makanan ataupun minuman tambahan.
C.     Menimbang bayi dan balita setiap bulan : kegiatan ini di maksutkan untuk memantau pertumbuhan anak,penimbangan dapat di mulai dari usia 1 bulan sampai usia 5 tahun.
D.    Menggunakan air bersih : syarat air bersih adalah air tidak berwarna,tidak keruh,tidak berasa,dan tidak berbau.
E.     Mencuci tangan dengan air bersih dan pakai sabun
F.      Menggunakan jamban sehat
G.    Memberantas jentik di rumah : dengan melakukan 3M Plus (menguras,menutup,mengubur,plus menghindari gigitan nyamuk.)
H.    Makan sayur dan buah setiap hari
I.       Melakukan aktivitas visik setiap hari : bisa berupa kegiatan sehari-hari ,yaitu berjalan kaki,berkebun,mencuci pakaian,menyapu halaman,mengepel lantai rumah.
J.       Tidak Merokok di dalam rumah.

1 comments: